Jenis-Jenis & Kelebihan Material Kusen Pintu

Saat memilih kusen pintu, ada beberapa opsi material yang tersedia. Ada yang memiliki daya tahan tinggi, tapi perawatannya sulit. Namun, ada juga yang menawarkan estetika tinggi. Ya, masing-masing material memang punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Agar Anda tidak salah pilih, artikel kali ini akan membahas tentang material kusen pintu yang umum digunakan di Indonesia. Apa saja? Mari simak ulasannya berikut ini!

Kusen Pintu kayu

Bisa dibilang, inilah material kusen pintu yang paling banyak digunakan di Indonesia. Mulai bangunan rumah, kantor, hingga pertokoan, umumnya memakai material ini. Material kayu dipilih karena mudah didesain dan dipadukan dengan elemen lainnya, terlebih jika Anda memilih pintu yang juga terbuat dari kayu. Di samping itu, kusen berbahan kayu juga relatif tahan lama. Tampilannya yang klasik pun estetik dan tak lekang oleh waktu.

Sayangnya, harga material kayu terbilang relatif tinggi, terutama jika Anda memilih kayu berkualitas baik seperti jati. Kayu memang cukup awet, namun perawatannya juga harus teliti dan butuh biaya banyak.

Kusen Baja Ringan

Jika Anda mencari kusen pintu yang kuat dan tahan lama, material baja ringan bisa dipertimbangkan. Berbahan dasar baja, kusen jenis ini sangat kokoh. Selain itu, kusen baja ringan juga relatif lebih ramah lingkungan dan anti serangan serangga.

Tidak hanya itu, material baja juga tidak menyerap air. Permukaannya cenderung tidak berpori sehingga air tidak akan mampu meresap. Itu berarti, kusen berbahan baja ringan ini cocok digunakan pada rumah yang berisiko banjir. Hanya saja, material ini terbilang mahal jika dibandingkan dengan jenis material lainnya, Apabila Anda sedang menghemat bujet, tentu hal ini akan jadi kelemahan tersendiri.

Kusen Vinyl

Alternatif material kusen pintu lainnya adalah kusen vinyl. Material ini berbahan dasar PVC atau polyvinyl chloride. PVC ini lebih sering dijadikan bahan baku pembuat pipa. Kelebihan kusen berbahan vinyl terletak pada harganya. Kusen berbahan vinyl bisa didapat dengan harga yang relatif terjangkau, terutama jika dibandingkan material lain seperti kayu. Tidak hanya itu, kusen dari vinyl juga mampu meredam suhu panas dengan baik sehingga ruangan lebih sejuk dan pintu tidak mudah memuai.

Sedangkan, kelemahan kusen vinyl ada pada ketahanannya. Vinyl memiliki struktur yang kurang kokoh sehingga tidak terlaly tahan lama. Kekuatan material vinyl pun kurang, terutama saat dibandingkan dengan material kayu yang kokoh dan awet.

Kusen Fiberglass

Selanjutnya ada kusen pintu dari fiberglass. Material ini sekilas tampak mirip dengan vinyl. Hanya saja, tampilannya lebih mengkilap karena fiberglass pada dasarnya merupakan bahan pembuat kaca.

Fiberglass unggul dari segi ketahanan terhadap cuaca. Kusen berbahan fiberglass tidak mudah berubah meski cuaca terus berganti. Sebab, material ini punya kemampuan untuk menyesuaikan dengan perubahan suhu.

Kekurangan material fiberglass terletak pada desainnya. Kusen yang terbuat dari fiberglass cenderung memiliki desain yang monoton dan membosankan. Ini karena sifat fiberglass sendiri yang sulit untuk dibentuk.

Kusen Pintu Aluminium

Terakhir, ada kusen pintu aluminium. Jika dibandingkan dengan material-material yang telah disebutkan, aluminium adalah material yang paling awet. Ini karena aluminium punya ketahanan tinggi dan tidak akan rusak akibat serangan serangga seperti rayap.

Dari segi desain, kusen aluminium juga banyak diminati karena cocok dengan desain bangunan yang modern minimalis. Dipasangkan dengan desain lain pun, kusen aluminum masih sedap dipandang. Selain itu, kusen dari bahan aluminium juga mampu memberi pencahayaan yang baik, terlebih jika Anda tidak mengecat kusen.

 

Nah, aluminium ini adalah material yang digunakan pada kusen pintu rumah CitraGarden BMW. Dengan daya tahan tinggi dan desain yang modern, penggunaan material aluminium pada kusen pintu tentu akan membuat rumah terlihat lebih cantik.

CitraGarden BMW sendiri merupakan perumahan cilegon yang mengusung konsep Eco Culture, menghadirkan hunian sangat nyaman dan asri. CitraGarden BMW juga merupakan satu-satunya kawasan perumahan dengan total area terbesar di wilayah Cilegon, Banten. Perumahan ini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum seperti masjid raya, sekolah, klinik kesehatan 24 jam, club house, hingga pusat kuliner dan area taman yang luas.

Selain menggunakan kusen pintu berbahan aluminium, bangunan rumah CitraGarden BMW juga dibangun dengan berbagai material berkualitas. Tunggu apa lagi, segera dapatkan unit impian Anda di CitraGarden BMW. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi www.citragardenbmw.com atau hubungi 0819-9849-2999.

    Berita Terpopuler

    Sorry. No data so far.

Kategori Berita