Apa Itu Desain Interior dan Prinsip-prinsip Dasarnya?

Menciptakan rumah yang nyaman untuk dihuni tentunya tidak terlepas dari desain interior. Sebab, hal-hal seperti prinsip dasar dan elemen penting dalam desain akan saling bekerjasama. Yang dimana untuk membuat ruangan dalam sebuah rumah enak dipandang serta layak dihuni. Lalu, apa saja yang harus Anda perhatikan saat memilih desain untuk interior rumah? Mari simak serba-serbinya, mulai dari pengertian hingga elemennya, melalui tulisan ini.

Pengertian Desain Interior

Pada dasarnya, desain interior adalah cabang seni yang menyoroti proses perencanaan tampilan dari sebuah ruangan di dalam rumah atau bangunan lainnya. Proses ini bertujuan menciptakan ruangan yang tak hanya memiliki nilai estetika tinggi. Tetapi juga fungsionalitas yang menunjang aktivitas penghuni ruangan tersebut. Dengan demikian, penghuni sebuah ruangan dapat menjaga kesehatan fisik dan mental mereka selama berkegiatan di sana.

3 Prinsip Dasar Desain Interior

Desain interior memegang tiga konsep utama yang sangat mendasar untuk mewujudkan ruangan indah sekaligus nyaman. Anda bisa menyimak penjelasan selengkapnya di bawah ini:

1. Keseimbangan dan harmoni

Keseimbangan dalam konteks desain interior merujuk kepada apakah sebuah ruangan terlihat simetris dengan objek tertentu. Misalnya, Anda menonjolkan desain modern di satu ruangan dan desain tradisional di sisi lainnya, Anda sudah bisa menciptakan keseimbangan kontras. Selain itu, desain interior juga mengutamakan harmoni atau kesamaan dalam konsep warna pada dinding ruangan tersebut.

2. Proporsi dan skala

Tak hanya kesamaan warna dan keseimbangan jumlah objek di sebuah ruangan. Desain interior juga mempertimbangkan apakah setiap barang sudah terlihat proporsional. Contohnya, Anda bisa mengurutkan posisi sebuah benda dari kiri ke kanan berdasarkan ukurannya. Entah mulai dari yang kecil hingga besar atau sebaliknya. Dengan demikian, tidak ada sisi ruangan yang tampak “berat sebelah”.

3. Tekanan aksen

Untuk mewujudkan ruangan yang bisa menarik perhatian, desain interior sangat memperhatikan unsur tekanan (emphasis) dan aksen di sekitarnya. Dengan kata lain, Anda bisa mewujudkannya dengan memilih satu furnitur atau bagian ruangan yang akan menjadi centerpiece atau fokus utama. Contohnya, mungkin Anda ingin membuat pengunjung berfokus pada sofa besar dengan warna terang di tengah ruang tamu atau lemari pajangan besar di dekat mereka.

4 Elemen Penting Desain Interior

Untuk menerapkan ketiga prinsip yang sudah disebutkan, desain interior memadukan empat buah elemen kunci dengan baik. Bagaimanakah cara kerja mendasar dari empat elemen tersebut? Berikut adalah penjelasannya:

1. Pola warna

Warna bisa menentukan nuansa dari sebuah ruangan. Misalnya, warna terang akan membuat ruangan terasa lebih hangat dan terbuka, sedangkan warna gelap bisa menghasilkan kesan yang mewah dan berkelas. Maka dari itu, penting untuk memilih warna yang tepat untuk setiap ruangan berdasarkan fungsinya, seperti warna sejuk yang menenangkan bagi kamar tidur dan warna hangat yang menggugah selera makan bagi ruang makan.

2. Pencahayaan

Sebagus apapun pemilihan skema warna sebuah ruangan, kenyamanannya akan kurang terasa tanpa adanya pencahayaan. Sebab, selain untuk mempermudah penghuni melihat saat beraktivitas, cahaya alami maupun buatan bisa menciptakan kesan ruangan yang berbeda. Contohnya, ruangan dengan banyak sinar matahari dari skylight akan terasa lebih luas karena cahayanya bisa menyebar dengan rata.

3. Ruang

Ukuran sebuah ruangan dan kesan yang ingin diciptakan juga menjadi pertimbangan utama dalam desain interior. Mungkin saja Anda ingin membuat ruangan yang sangat lapang terasa lebih intim, dan Anda bisa mewujudkannya dengan penataan furnitur. Caranya, dengan memosisikan setiap mebel dalam jarak yang lebih dekat agar penghuni bisa lebih mudah berinteraksi dengan orang di sekitar mereka.

4. Garis dan bentuk

Nuansa sebuah ruangan bisa semakin menonjol dengan pemilihan bentuk dasar dari sebuah objek dan bentuk garisnya. Sebagai contoh, Anda dapat menciptakan pola garis horizontal pada dinding supaya pengunjung bisa lebih mudah melihat dekorasi sebuah ruangan dari kiri ke kanan.

Lalu, kalau Anda ingin menciptakan kesan modern sekaligus menenangkan dengan furnitur, pilihlah mebel dengan bangun datar tak berujung–contohnya bean bag atau sofa bundar alih-alih kursi segiempat.

 

Jika diibaratkan, desain interior adalah seni untuk menghias kanvas polos–yaitu ruangan di rumah Anda–agar terlihat lebih indah sekaligus fungsional. Sesuai dengan sifat artistiknya, ada banyak yang harus Anda pertimbangkan dari sebuah dekorasi, dan hal ini juga mencakup kualitas “kanvas” atau ruangan itu sendiri.

Untuk memenuhi kebutuhan Anda, Ciputra Group menghadirkan konsep hunian Eco Culture yang minimalis, modern, nyaman, dan bisa mewujudkan semua ide desain Anda melalui CitraGarden BMW Cilegon. Apa saja keunggulannya? Temukan langsung dengan mengunjungi website resminya atau lokasi marketing gallery-nya di Ruko Citra Gateway Blok B2 Nomor 1-2, Jalan Raya Serang, Cilegon!