HOTLINE : +62 254 849 2999

Ciputra Residence Gelar Penghargaan HSE Award 2015

Dengan mengutamakan keselamatan dalam bekerja, PT Ciputra Residence meluncurkan sistem manajemen Health, Safety and Environment (HSE) dan menggalakkan program ini sebagai sebuah budaya yang diterapkan di semua proyek yang dibangunnya. Program HSE atau yang lebih dikenal dengan Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L) di Indonesia diimplementasikan oleh para kontraktor yang menjadi mitra di setiap proyek.

Untuk mengapresiasi keterlibatan total 85 mitra kontraktor, yang terdiri dari kontraktor Bangunan, infrastuktur dan Lingkungan serta taman, maka PT Ciputra Residence berinisiatif menyelenggarakan penganugerahan HSE Awards 2015 untuk pertama kalinya hari ini di Ciputra Artpreneur. Acara ini bertujuan untuk memilih mitra kontraktor yang berkomitmen dan konsisten melaksanakan program Health, Safety and Environment (HSE) di masing-masing proyek. Adapun mitra kontraktor yang selama ini telah bekerja sama dengan PT Ciputra Residence sendiri terdiri dari 38 kontraktor Bangunan, 31 kontraktor Infrastruktur dan 16 kontraktor Lingkungan serta Taman.

Budiarsa Sastrawinata selaku Presiden Direktur PT Ciputra Residence mengatakan, ”Kami sebagai salah satu pengembang pertama di Indonesia yang melaksanakan HSE Awards sangat mendukung program Visi K3L Nasional yaitu menciptakan Indonesia Berbudaya K3L di tahun 2015, sehingga kami mewajibkan setiap pekerja yang terlibat dalam proyek kami untuk menerapkannya demi mewujudkan terciptanya budaya keselamatan kerja yang kuat sehingga bersama-sama menghasilkan bangunan hunian atau komersial dengan kulaitas yang terbaik untuk konsumen”.

Mitra-mitra kontraktor tersebut menjalankan pekerjaannya untuk proyek-proyek dibawah PT Ciputra Residence diantaranya:
1. CitraRaya Tangerang
2. CitraGarden City Jakarta
3. CitraGarden City Aeroworld 8
4. CitraGrand City Palembang
5. CitraRaya City Jambi
6. CitraLake Suites – CitraGarden City
7. CitraLakes Sawangan
8. Citra Maja Raya
9. CitraGarden BMW Cilegon
10. CitraGarden Aneka Pontianak
11. Citra Towers Kemayoran
12. Citra Plaza Kemayoran
13. Citra Aerolink Batam
14. CitraGarden Hills Samarinda

HSE Award 2015

Sistem Penilaian

Proses penilaian dilakukan pihak internal dengan mengacu pada aturan yang berlaku, sistem monitor dan evaluasi yang menyeluruh. Berikut ini adalah kriteria-kriteria yang ditetapkan:

1. Leading Indicators atau indikator positif yang dilakukan atau diterapkan untuk meningkatkan kinerja HSE. Aktivitas-aktivitas yang mendukung kriteria ini adalah:
– Program training atau sosialisasi HSE oleh Ciputra Residence
– Meeting bulanan HSE oleh Ciputra Residence
– Briefing HSE oleh kontraktor kepada para pekerja
– Program HSE yang akan dilakukan oleh kontraktor

2. Lagging Indicators atau penilaian terakhir yang dilakukan untuk melihat apakah program tersebut berhasil dan sesuai dengan harapan. Parameter penilaiannya meliputi:
– Jumlah kecelakaan yang mengakibatkan hilangnya waktu kerja
– Hasil inspeksi
– Hasil audit
– Hasil penilaian kontraktor per proyek bulanan

Adapun 6 (enam) mitra kontraktor yang terpilih dan berhak dinobatkan sebagai Best Performance in Safety baik untuk kategori kontraktor bangunan dan infrastruktur berdasarkan proyek adalah:

1. CitraRaya Tangerang
PT ASRI KARYA BINANGUN untuk kategori kontraktor bangunan
PT BUMI SAKTI HARAPAN untuk kategori kontraktor bangunan
PT PILAR ABDI WIJAYA untuk kategori kontraktor bangunan

2. CitraGarden City Jakarta
PT METROPOLITAN SURYA GRAHA untuk kategori kontraktor bangunan
PT ASRI KEMASINDO untuk kategori kontraktor infrastruktur

3. CitraGrand City Palembang
PT RANCANG SELARAS untuk kategori kontraktor bangunan

Associate Director PT Ciputra Residence, Jusanto Harijatno menyatakan, “Kami mengucapkan selamat dan penghargaan setinggi-tingginya untuk seluruh penerima penghargaan Best Performance in Safety karena selain sudah mendukung program K3 yang kami canangkan, juga memahami esensi untuk bersama-sama menekan angka kecelakaan kerja sehingga peningkatan kinerja pekerja.”

Dalam acara ini juga diadakan penanda tanganan Komitmen HSE yang menegaskan kedua belah pihak untuk kembali berperan serta , dan dilanjutkan penyerahan Sertifikasi Partisipasi Program HSE yang akan diterima oleh seluruh mitra kontraktor. ”Harapan kami kedepannya agar program HSE ini menjadi dasar untuk mewujudkan Indonesia Berbudaya Keselamatan Kerja sehingga siap menghadapi persaingan dunia”, ujar Jusanto menambahkan.